Kirim Berita Anda Melalui E_mail Kami

ipmadokorwilsesal@gmail.com

IPMADO Netral Dalam Pilkada Dogiyai 2011

Minggu, Desember 19, 2010


JUBI --- Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Dogiyai (IPMADO) Se-Jawa Bali, menegaskan bahwa pihaknya tidak ikut terlibat dalam politik praktis untuk mendukung pasangan calon bupati manapun dalam Pemilukada Kabupaten Dogiyai tahun 2011 mendatang.

Hal ini disampaikan disampaikan Ketua IPMADO Se Jawa-Bali, Mateus Auwe, menyikapi adanya pesan singkat (sms) yang tengah beredar di masyarakat terkait dukungan oknum calon Bupati yang mengatasnamakan nama Asosiasi Mahasiswa.

"Kami asosiasi pelajar dan mahasiwa Dogiyai tidak mendukung calon bupati yang koruptor, pejabat yang keluarga-is, suku-is dan lain-lain yang hanya memperkaya diri selama ini’ ujar Mateus Auwe, kepada JUBI, via handpone di Dogiyai, Minggu (19/12).

Ipmado berterus terang anti-korupsi, keluarga dan sukuis dalam jabatan pemerintahan serta berkepentingan umum. Anehnya, dijelaskan Auwe, dalam pesan singkat tersebut, penyebar SMS secara terang-terangan memojokkan sejumlah bakal calon yang diisukan akan masuk dalam bursa calon Bupati Kabupaten Dogiyai tahun 2011 mendatang.

Diantaranya, Natalis Degei (Kepala Bagian Keuangan Setda Dogiyai), Anton Iyowau (Kepala Distrik Kamu Utara), Thomas Tigi (Sekretaris DPRD Dogiyai) dan
Ausilius Youw (Kepala Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Mimika).

”Pesan singkat ini tak salah. Yang kami permasalahkan adalah mengatasnamakan mahasiswa dan pelajar di Jawa maupun Bali,” katanya.

Dia menambahkan, bahwa kaum terpelajar tidak pernah mengeluarkan pernyataan pro kontra kepada salah satu kandidat calon Bupati tertentu. ”Kami tidak terlibat dalam urusna politik, sehingga kami mencurigai sms ini berasal oknum tertentu demi kepentingan atau antara lawan politik dalam pemilukada nanti,” paparnya.

Auwe mengakui, selama ini IPMADO tak pernah berurusan dengan kepentingan politik di daerah, kecuali
kepentingan mahasiswa dalam mengurusi bantuan biaya kuliah, tugas atau skripsi serta peneliatan dan bantuan sosial lainnya. ”Untuk itu kepada siapa yang akan maju sebagai calon Bupati, jangan pernaH mengatasnamakan mahasiswa atau pelajar, karena sikap kami independen,” terangnya.

Selain calon Bupati Degei, Iyowau, Tigi dan Youw yang disebutkan di atas, sejumah calon Bupati yang diisukan akan masuk dalam bursa Pemilukada Dogiyai diantaranya, Leander Auwe (Staf Departemen Lingkungan PT Freeport Indonesia), Yakobus Dumupa (Aktivis dan penulis buku), Ferry Pakage (Aktivis Partai Politik), Frans Magai (Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Dogiyai dari utusan partai Demokrat), serta kemungkinan calon lain bermunculan.

“Mari wujudkan hak politik sesuai mekanisme demokrasi yang ada. Jangan menggunakan nama pelajar atau mahasiswa serta wadah sosila lainnya untuk kepentingan prbadi," pesannya. (Willem Bobi)
sumber: http://www.tabloidjubi.com/index.php/daily-news/seputar-tanah-papua/10200-ipmado-netral-dalam-pilkada-dogiyai-2011

0 komentar:

Posting Komentar

Pesan Anda

 
 
 

Pengikut

Daftar Isi